Doa Sebelum Membaca Surat Yasin dan Surat Al Quran Lainnya

Al quran tidak akan bisa lepas dari seorang muslim, sejak ia lahir hingga ia meninggal semuanya diatur di dalam al quran dan juga hadits nabi Muhammad SAW.

Setiap hari ia membacanya, mengharap mendapat ilmu dan juga amal kebaikan dikarenakan sabda Rasulullah SAW bahwa setiap huruf yang seorang muslim baca dari al quran mengandung 10 kebaikan.

Di dalamnya terdapat panduan hidup yang akan menuntun kita berada di jalur yang benar sesuai dengan tujuan Allah menciptakan kita dan melahirkan kita di dunia ini.

Sebelum membaca al quran (baik surat yasin atau surat lainnya), kita diperintahkan untuk membaca sebuah do’a yang Allah SWT sendiri yang memerintahkannya.

Apakah do’a tersebut? Silahkan disimak di paragraf berikut ini.

Doa Sebelum Membaca Yasin dan Surat Lainnya di dalam Al Quran

Do’a sebelum membaca al quran ternyata ada di dalam al quran itu sendiri, Allah SWT sendiri yang mengatakannya. Do’a tersebut bermakna permintaan perlindungan kepada sang khaliq dari godaan dan gangguan syetan. Dari makna tersebut mungkin anda sudah mengira apa do’a tersebut. Ya! Do’a tersebut adalah doa yang in shaa allah kita semua sudah tahu, yakin “A’udzu billahi minas syaitoonirrojim”.

Perintah membaca do’a ini tertulis di dalam surat an nahl ayat 98:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Apabila kamu membaca al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98)

Selain membaca doa diatas, disunnahkan juga untuk membaca basmallah di setiap awal surat kecuali surat at taubah (surat ke 9).

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam An Nawawi. Beliau mengatakan:

“Selayaknya dijaga untuk membaca bismillahirrahmanirrahim di setiap awal surat. Kecuali surat at-Taubah. Karena mayoritas ulama mengatakan, ini adalah satu ayat (khusus) yang ditulis di mushaf. Dan ayat ini ditulis di semua awal surat, kecuali at-Taubah.” (at-Tibyan fi Adab Hamalah al-Quran, hlm. 81).

 

Baca juga: (Berita) Trenggalek menggelar shalat tahajud pembacaan surat yasin dan shalat subuh berjama’ah

Itulah doa sebelum membaca surat yasin dan surat-surat lainnya yang ada di dalam al quran. Oleh karena itu, jika anda belum membiasakannya, mulai sekarang mari kita biasakan untuk membaca do’a tersebut sebelum kita membaca al quran, seperti yang Allah SWT perintahkan.

Kebenaran hanya milik Allah SWT, dan kesalahan datangnya dari manusia. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari kesalahan dan kekeliruan. Wallahu a’lam bish shawab.

Author Image
farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *