Peranan Valve Dalam Rangkaian Pipa Pabrik

Pada saat kita membuat sebuah sistem perpipaan biasanya kita akan memerlukan komponen-komponen yang bisa membantu kita untuk mengendalikan aliran atau tekanan di dalam sistem pipa tersebut.

Biasanya untuk melakukan ini kita menggunakan komponen yang disebut sebagai valve pipa. Valve pipa ini sangat beragam bentuk dan modelnya.

Ada valve gate yang dipasang pada ujung pipa untuk mengatur aliran air atau pelepasan tekanan dari dalam pipa. Valve pipa seperti ini banyak ditemukan pada sistem waduk atau bendungan.

Selain itu ada juga ball valve yang berbentuk setengah bola. Ball valve ini mempunyai fungsi ganda yaitu untuk menghentikan aliran air dan sekaligus mengubah arah aliran air tersebut. Komponen utama dari ball valve ini adalah sebuah bola yang ada di dalam pipa yang terhubung dengan poros putar sehingga kita bisa mengatur jalannya air.

Ada juga butterfly valve yang digunakan untuk pipa pipa berukuran sedang dengan aliran air yang hanya setengah dari kapasitas pipa. Jadi butterfly valve ini cenderung digunakan untuk pipa pipa dengan tekanan rendah. Kita tidak bisa menggunakan butterfly valve ini pada pipa tekanan tinggi karena akan merusak butterfly valve itu sendiri.

Lalu ada globe valve, valve ini terdiri dari sebuah saluran dan katup yang biasanya diletakkan pada tengah-tengah pipa. Tujuan dari penggunaan globe valve ini adalah untuk menanggulangi atau melokalisir jika terjadi kebocoran pada sistem pipa. Jadi globe valve ini adalah bagian dari sistem proteksi atau keamanan di dalam sistem pipa yang kita buat.

Check valve adalah jenis valve yang akan sangat membantu ketika kita mendapatkan arah gerak aliran yang berlawanan dari aliran air yang ada pada pipa. Jika kita tidak menggunakan alat ini maka nantinya pipa bisa meledak akibat gaya yang ditimbulkan oleh arus balik di dalam pipa tersebut.

Safety valve adalah sebuah valve yang didesain untuk menahan atau menghentikan sementara aliran air ataupun gas yang mengalir ke sebuah penampungan jika penampungan tersebut sudah penuh kapasitasnya. Safety valve ini bertujuan untuk mencegah kerusakan ataupun ledakan akibat tekanan yang terlalu tinggi dari air ataupun gas.

Jadi ini adalah berbagai jenis valve pipa yang bisa kita gunakan pada saat kita akan membangun atau merancang sebuah sistem perpipaan untuk industri. Anda tidak akan bisa menemukan valve pipa jenis ini di tokoh-tokoh bangunan pada umumnya. Anda perlu menghubungi distributor pipa industri untuk mendapatkan valve pipa heavy duty ini.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *