Sertifikat ISO Memberikan Jaminan Mutu Internasional

Di dalam era perang dagang yang terjadi saat ini ada banyak sekali produk yang bersaing untuk merebut pasar ekspor. Oleh karena itu ada banyak sekali perusahaan yang saat ini sedang mengurus sertifikat ISO. Sertifikat ini adalah sebuah sertifikat yang memberikan jaminan manajemen mutu untuk kelas internasional. Jadi jika anda bisa mendapatkan sertifikat ISO untuk produk anda maka produk anda akan relatif lebih mudah diterima di berbagai negara.

Tentunya untuk bisa memenuhi standar dari ISO ini maka anda perlu memenuhi beberapa apa kriteria yang sudah ditentukan untuk industri anda. Jika anda belum mengetahui kriteria apa saja yang ditentukan untuk industri anda maka anda bisa menghubungi lembaga sertifikasi ISO. Lembaga ini yang akan mengirimkan tim audit ke perusahaan anda. Tim audit ini yang akan menilai apakah pesan anda sudah memenuhi standar standar yang ditentukan untuk industri tersebut.

Jika ada pesan anda sudah memenuhi standar standar yang ditentukan untuk industri; maka tentunya anda bisa mendapatkan sertifikat ISO ini. Sertifikat ISO yang didapatkan akan berlaku selama 3 tahun. Setelah 3 tahun anda harus memperbarui kembali sertifikat isu tersebut. Hal ini sengaja dilakukan untuk memastikan ada pengawasan yang berkesinambungan terhadap perusahaan-perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikat ISO tujuan dari pengemasan ini tentu saja untuk memastikan perusahaan-perusahaan ini tetap menjaga standar kualitas yang sudah ditentukan.

Jika kedepannya ditemukan bahwa suatu perusahaan tidak konsisten menjaga kualitas dari produknya maka sertifikat yang diberikan kepada perusahaan tersebut tentu saja bisa dicabut. Sertifikat ISO ini ada beberapa jenis. Ada yang memberikan jaminan mutu untuk produk, ada juga yang memberikan jaminan untuk proses manajemen produksi. Ada juga sertifikat ISO yang memberikan jaminan keamanan terhadap penggunaan bahan kimia dalam proses produksi.

Bahkan ada sertifikat siswa yang memberikan jaminan bahwa suatu produk diproduksi dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan hidup. Jadi sebuah perusahaan bisa memilih sertifikat ISO seperti apa yang mereka perlukan. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang yang sering mendapatkan sorotan dari aktivis lingkungan tentu saja akan mencari sertifikat ISO yang menyatakan bahwa aktivitas produksi mereka memenuhi standar yang ramah lingkungan.

Sedangkan untuk perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan penetration pasar biasanya akan berusaha mendapatkan sertifikat ISO 9001. Ini adalah sertifikat yang memberikan jaminan manajemen mutu yang sering dicari oleh para pengguna produk. Jika anda sangat sibuk, maka anda bisa menggunakan layanan jasa sertifikasi ISO yang akan membantu memudahkan kepengurusan sertifikat ISO anda.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *