Tips memilih layanan web hosting

Web hosting adalah sebuah layanan yang anda pergunakan untuk menyimpan file-file website anda secara online di internet. Anda tidak bisa mempunyai website jika tidak menyimpan file filenya secara online. Oleh karena itu layanan web hosting ini sangat menentukan performa dari website anda. Jika anda salah memilih layanan web hosting maka performa dari website anda juga bisa tidak memenuhi standar.

Oleh karena itu ada beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi untuk memilih layanan web hosting. Hal paling pertama yang perlu anda perhatikan dari sebuah layanan web hosting adalah pilihan paket yang ditawarkan. Apakah pilihan paket yang ditawarkan menyediakan ruang untuk melakukan upgrade dan juga downgrade. Ini adalah sesuatu yang akan sangat anda perlukan seandainya anda salah memilih paket layanan web hosting.

Ada banyak sekali orang yang salah memprediksi kebutuhan layanan web hosting nya. Jadi mereka seringkali melakukan downgrade karena website mereka tidak memerlukan terlalu banyak sumber daya. Ha berikut yang perlu anda perhatikan adalah spesifikasi dari layanan web hosting yang ditawarkan untuk anda. Anda harus menghitung berapa jumlah kapasitas dan juga bandwidth yang ditawarkan oleh layanan web hosting tersebut.

Selanjutnya anda perlu melihat apakah layanan web hosting tersebut menyediakan opsi untuk server dengan sistem cloud. Yang dimaksud dengan server yang menggunakan sistem cloud ini adalah layanan web hosting yang menggabungkan beberapa server dalam satu jaringan integral. Jadi jikalau server di mana website anda disimpan mengalami gangguan maka traffic yang menuju website anda bisa dialihkan menuju server yang lain.

Dengan menggunakan server VPS ini maka website anda tidak akan mengalami downtime sedikitpun. Ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi website yang mempunyai traffic yang sangat besar. Karena down time selama 15 menit saja sudah akan membuat mereka kehilangan cukup banyak pengunjung. Inilah yang membuat layanan web hosting dengan sistem cloud menjadi semakin digemari dalam beberapa tahun terakhir ini.

Lalu apa yang dimaksud dengan server VPS? Server VPS adalah sebuah layanan penyimpanan file-file website anda yang membagi server menjadi beberapa lapisan. Pembagian ini menggunakan software yang menyediakan ruang virtual untuk website anda. Demikian sehingga pengguna layanan server VPS ini akan bisa menguasai sumber daya yang memang dikhususkan hanya untuk websitenya saja. Ini membuat pengguna server VPS akan mendapatkan traffic dengan kecepatan yang lebih stabil.

Tentunya ada juga server VPS yang menggunakan sistem cloud. Jadi anda bisa memilih untuk menggunakan server VPS yang menggunakan sistem cloud ini apakah server VPS dengan sistem yang biasa. Adapun harga dari layanan server VPS ini cukup bervariasi jadi anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan website.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *