Mimpi Yang Membuat Anda Gelisah Bisa Saja Bermakna Sesuatu

Kebanyakan orang umumnya setuju tentang manfaat tidur malam yang nyenyak. Setelah bekerja keras, tidur siang yang baik memberi Anda kesempatan untuk menyegarkan kembali tubuh Anda sehingga Anda bangun dengan segar dan siap untuk hari berikutnya.

Jika Anda menghadapi kecemasan atau tantangan hidup lainnya, kualitas tidur dapat membantu Anda merasa lebih mampu menghadapi hari-hari yang penuh tekanan. Tetapi ketika kecemasan merayap ke dalam mimpi Anda, tidur mungkin tidak memberikan pelarian tenang yang Anda cari.

Mimpi hal yang membuat anda cemas bisa terasa sangat tidak menyenangkan. Tidak hanya mengganggu tidur Anda, tetapi juga dapat menambah stres dan kecemasan di pagi hari. Anda bahkan mungkin khawatir itu berarti sesuatu yang buruk akan terjadi.

Jika Anda bertanya-tanya apa yang sebenarnya menyebabkan mimpi kecemasan Anda dan apakah Anda dapat mengelolanya untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Mengapa itu terjadi?

Singkatnya, mimpi yang membuat gelisah biasanya mengacu pada mimpi apa pun yang menyebabkan stres atau kesusahan.

Anda mungkin merasa panik atau gugup selama mimpi, tetapi emosi ini mungkin juga bertahan setelah Anda bangun, dan kegelisahan umum Anda mungkin bertahan sepanjang hari.

Meskipun mimpi buruk sering kali menimbulkan perasaan teror yang lebih intens daripada kecemasan umum, ini juga dianggap sebagai mimpi kecemasan, karena kecemasan pada siang hari dapat membuat mimpi buruk lebih mungkin terjadi.

Beberapa penyebab umum mimpi buruk dan kecemasan meliputi:

  • ketakutan atau stres
  • perubahan kehidupan saat ini, terutama yang memicu ketidakpastian atau kesusahan lainnya
  • peristiwa traumatis
  • insomnia atau gangguan tidur
  • penggunaan zat, termasuk alkohol

Tapi bagaimana tepatnya, kecemasan memicu mimpi yang menjengkelkan?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, otak Anda tetap aktif saat Anda tidur. Ini menggunakan waktu ini untuk melakukan tugas-tugas penting yang membantu menyegarkan tubuh Anda dan menjaga proses penting berjalan pada tingkat yang optimal.

Baik atau buruk, bagian dari aktivitas otak malam ini terkadang melibatkan penambalan ingatan dan sensasi menjadi semi-naratif. Oleh karena itu, jika pikiran dan perasaan Anda baru-baru ini menyebabkan stres dan ketakutan, mimpi Anda kemungkinan besar akan mengikuti pola yang sama.

Tidak semua orang yang hidup dengan kecemasan akan mengalami mimpi buruk, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kecemasan dapat berperan penting dalam kesusahan malam hari.

Dalam sebuah studi tahun 2014 dari 227 orang dewasa, mereka yang memenuhi kriteria untuk gangguan kecemasan umum mengalami mimpi buruk lebih banyak daripada peserta yang tidak memiliki kecemasan.

Penulis penelitian juga menemukan bukti yang menunjukkan bahwa mimpi buruk menyebabkan perasaan cemas dan depresi di siang hari yang lebih besar dan kualitas hidup yang lebih rendah.

Singkatnya, kecemasan dan mimpi buruk bisa saling melengkapi, menciptakan siklus yang tidak menyenangkan.

Apakah mimpi itu berarti?

Mimpi sering kali tidak masuk akal. Beberapa mimpi Anda mungkin tampak sangat jelas dan koheren tetapi memiliki beberapa elemen yang tidak realistis. Mungkin Anda telanjang di tempat kerja, atau memiliki sayap, atau bermesraan dengan selebriti.

Tetapi hanya karena Anda bermimpi tentang hal-hal ini tidak berarti itu akan terjadi, dan hal yang sama berlaku untuk mimpi kecemasan.

Mungkin Anda terus bermimpi melewatkan ujian akhir atau pasangan Anda curang. Saat Anda bangun, Anda mungkin merasa takut akan kemungkinan-kemungkinan ini menjadi kenyataan.

Namun, biasanya, mimpi ini tidak menandakan sesuatu yang lebih dalam daripada mungkin beberapa kekhawatiran bawah sadar (atau sadar) tentang hal-hal ini terjadi.

Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengkhawatirkan kemungkinan pasangan Anda selingkuh, dapat dimaklumi bahwa kekhawatiran ini mungkin muncul dalam mimpi Anda, bahkan ketika muncul secara abstrak.

Tafsir mimpi adalah bidang studi yang luas, dan banyak teori tentang apa tafsir mimpi itu ada. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung gagasan bahwa tafsir mimpi dapat memprediksi kejadian di masa depan.

Jadi, jika Anda memperhatikan peningkatan dalam mimpi yang membuat anda cemas, terutama sebelum peristiwa penting, otak Anda mungkin hanya membuat Anda sadar akan stres yang Anda hadapi.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *