ALASAN MENGAPA ANDA HARUS MEMBUAT ANGGARAN UANG BULANAN ANDA

Mengatur keuangan anda setiap bulannya adalah sesuatu yang penting. Jika Anda dan keluarga Anda menginginkan keamanan finansial, membuat dan melaksanakan anggaran uang bulanan adalah satu-satunya solusi. Tidak percaya?

Berikut adalah alasan bagi anda untuk membuat dan berkomitmen untuk melaksanakan anggaran keuangan keluarga anda.

  1. Anggaran keuangan membantu Anda berfokus pada tujuan. Anggaran membantu Anda menetapkan tujuan jangka panjang dan bekerja untuk mencapainya. Jika Anda terbawa arus tanpa tujuan dalam hidup, atau membuang uang Anda ke dalam segala hal indah dan berkilau yang kebetulan menarik perhatian Anda, bagaimana Anda menabung cukup uang untuk membeli mobil, melakukan perjalanan ke Disney, atau membayar uang muka rumah masa depan anda?
  2. Membantu mencapai masa pensiun yang lebih bahagia. Katakanlah Anda membelanjakan uang Anda secara bertanggung jawab, memantau anggaran Anda dan tidak pernah mengambil hutang kartu kredit. Tapi apakah anda tidak lupa menabung? Meskipun penting untuk membelanjakan uang Anda dengan bijak hari ini, menabung juga penting untuk masa depan Anda. Salah satu pembagian uang bulanan yang cukup populer dalam metode anggaran bulanan pribadi adalah 50:30:20. 50% untuk kebutuhan mendasar, 30% untuk hiburan dan 20% untuk membayar utang atau menabung.
  3. Membantu anda menyadari kebiasaan belanja yang buruk. Membuat anggaran bulanan dapat memaksa Anda untuk memperhatikan kebiasaan belanja Anda. Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan. Apakah Anda benar-benar membutuhkan langganan paket premium yang mahal ini? Apakah Anda benar-benar membutuhkan 10 pasang sepatu hitam? Anggaran memungkinkan Anda untuk memikirkan kembali kebiasaan pengeluaran Anda dan memfokuskan kembali tujuan keuangan Anda.
  4. Membantu memastikan bahwa anda tidak membelanjakan uang yang tidak anda miliki. Terlalu banyak konsumen yang membelanjakan uang yang tidak mereka miliki. Biasanya mereka terlalu mengandalkan kartu kredit dan akhirnya terjebak dalam hutang kartu kredit yang tidak kunjung lunas. Sebelum era kartu kredit, konsumen cenderung hidup sesuai dengan kemampuan mereka. Di akhir bulan, uang yang tersisa akan ditabung. Namun berbeda dengan sekarang ini, orang yang terlalu sering menggunakan atau menyalahgunakan kartu kredit tidak selalu menyadari bahwa mereka mengeluarkan uang berlebihan sampai mereka tenggelam dalam hutang.
  5. Membantu Anda siap menghadapi keadaan darurat. Hidup ini penuh dengan kejutan tak terduga, kadang itu kejutan yang menyenangkan namun kadang juga dapat membuat anda stress dan tertekan. Ketika Anda di-PHK, sakit atau terluka, bercerai, atau orang yang Anda cintai meninggal, itu dapat menyebabkan kekacauan finansial yang serius. Inilah alasan, mengapa setiap orang membutuhkan dana darurat.

Tentu saja, ini hanya sedikit dari sekian banyak manfaat lain yang dapat anda peroleh dengan membuat dan berkomitmen dalam penerapan anggaran. Jadi tunggu apalagi? Saatnya mulai mengatur uang bulanan anda.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *