PROGRAM KARTU PRAKERJA TERBUKA UNTUK SEMUA YANG MEMENUHI KRITERIA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, keterampilan peserta program kartu pra kerja meningkat 88 persen. Peminat program ini juga sangat banyak, pada tahun 2020 jumlah yang mendaftar mencapai 55 juta orang.

Namun, kata Jokowi, hanya 5,6 juta yang lolos seleksi untuk mengikuti program Kartu Pra Kerja. Sedangkan pada 2021, jumlah yang diterima menjadi 1,8 juta orang.

“Peminatnya banyak. Maksudnya? Memang belum semua tertampung”, ujarnya dalam pengarahan Presiden Republik Indonesia kepada Penerima Kartu Pra Kerja 2020-2021 secara virtual, Rabu, Maret 17.

Jokowi juga mengatakan, berdasarkan laporan program pelatihan Kartu Prakerja, 88 persen keterampilan atau kemampuan dan keterampilan peserta meningkat setelah mengikuti pelatihan.

“Dari survei, 88 persen keterampilan mereka meningkat, ini yang kami harapkan”, katanya.

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan, keterampilan harus selalu ditingkatkan. Tujuannya tidak mau ketinggalan, apalagi mengingat perubahan zaman yang terjadi begitu cepat.

“Tiba-tiba kok kita kehilangan pekerjaan, karena skill. Yang lain meningkatkan skill, tapi kita tidak. Ini yang perlu saya ingatkan. Sekarang zaman berubah sangat cepat”, jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Program Kartu Prakerja hadir untuk membantu meningkatkan keterampilan dan keterampilan masyarakat Indonesia dengan memberikan lebih dari 1.700 jenis pelatihan dari 165 lembaga pelatihan.

“Jumlahnya besar, maka para peserta bebas diajak memilih mana yang dipilih sesuai minat dan kemungkinan bakatnya”, ujarnya.

Jokowi juga menegaskan siapa saja bisa mengikuti program bantuan semi sosial (Bansos). Apapun latar belakang pendidikannya, baik lulusan SMA, SMK hingga perguruan tinggi. Bahkan, mereka juga terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Selamat datang bagi siapa saja yang lulus SMA, SMK, atau lulusan perguruan tinggi, bahkan drop out dan diberhentikan”, ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan 62.790.238 orang telah mendaftar untuk Program Kartu Prakerja. Dan sejak pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 17 di buka sudah bertambah lagi jutaan pendaftar baru.

“Pendaftarnya 62,7 juta orang yang mencakup 513 kabupaten/kota dan penerima gelombang 12-16 sebanyak 2.730.356 orang,” kata Menko Airlangga saat temu media online di Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu, 19 Mei.

Di antara pemohon Kartu Pra Kerja, lanjut Menko Airlangga, sebanyak 2.730.357 orang telah membeli pelatihan dan 2.601.513 orang telah menerima insentif atau telah disalurkan insentif senilai Rp 4 triliun.

 

Menko Airlangga mengatakan, 88,9 persen penerima kartu prakerja mengakui keterampilan kerja peserta meningkat, 81,2 persen menggunakan insentif untuk membeli kebutuhan sehari-hari, dan lebih dari 94 persen menggunakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dalam bentuk keterampilan. reskilling, dan upskilling.

 

Soal ketenagakerjaan, 35 persen berubah dari tidak mendapatkan pekerjaan menjadi bekerja dengan 17 persen menjadi wirausaha, kata Menko Airlangga.

 

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan hingga 22 April total peserta program Kartu Prakerja telah mencapai 2,7 juta. Peserta yang terdaftar adalah peserta baru. Padahal, anggaran yang disiapkan sudah habis pada kuartal I tahun ini.

 

“Untuk memulihkan ekonomi, pengelolaan Kartu Prakerja diminta dioptimalkan, istilahnya seperti itu. Pada kuartal I 2021 kita sudah menyerap sepenuhnya anggaran Rp 10 triliun yang disediakan pada 2021, ” ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis, 22 April.

 

Denni mengatakan anggaran Rp 10 triliun yang diberikan pemerintah telah berhasil dikucurkan kepada 2,7 juta penerima baru, berbeda dengan tahun lalu.

 

Lebih lanjut Denni mengatakan, peserta Kartu Prakerja tidak diperbolehkan mengikuti program penerimaan lebih dari satu kali. Aturan ini dibuat untuk menciptakan pemerataan bagi semua orang yang ingin mengikuti program.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *