Dasar Pembuatan Rencana Pemasaran Digital 2021

Pada saat ini ada banyak perusahaan yang mau melakukan pembuatan rencana pemasaran digital. Rencana pemasaran ini sangat penting untuk memastikan kelancaran proses digital marketing.

Kenapa rencana pemasaran ini penting? Karena dengan melakukan rencana pemasaran ini anda akan lebih dalam mengenali ceruk atau niche yang anda tekuni.

Beberapa langkah yang menjadi aturan dasar dalam melakukan pembuatan rencana digital marketing kami lampirkan di bawah ini…

Langkah 1: Analisis situasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika mengembangkan rencana pemasaran digital Anda adalah melakukan analisis internal dan eksternal (analisis SWOT) perusahaan.

Kerangka kerja yang berguna untuk ini adalah analisis SWOT yang memungkinkan Anda melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan Anda dan pasar pada umumnya.

Kita perlu mengenal ekosistem tempat kita beroperasi, apa kebutuhan pelanggan kita, dan di mana mereka ditangani. Analisis ini sama kualitatifnya dengan kuantitatif karena melihat faktor-faktor seperti kebiasaan digital, perantara, pemberi pengaruh, dan banyak lagi.

Menerapkan teknik benchmarking adalah praktik yang sangat umum di perusahaan untuk mengidentifikasi praktik terbaik dan kisah sukses serta mengambil contoh untuk rencana pemasaran digital Anda.

Langkah 2: Tetapkan Sasaran Pemasaran Digital

Setelah Anda memiliki tempat di pasar dan poin kuat Anda dalam pikiran, bekerjalah untuk menetapkan beberapa tujuan untuk menciptakan gagasan yang jelas tentang ke mana tindakan Anda akan membawa Anda.

Segala sesuatu yang Anda rencanakan harus bekerja untuk memenuhi tujuan tersebut. Anda dapat bekerja untuk mengembangkan bagian dari rencana pemasaran digital Anda ini dengan mempertimbangkan kerangka sasaran SMART: sasaran spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu.

Berikut ini contohnya:

Bukan tujuan SMART: “Saya ingin meningkatkan jumlah kunjungan ke situs web saya.”

Tujuan SMART: “Saya ingin mencapai 20.000 kunjungan sebulan di situs web saya setiap bulan dalam waktu tiga bulan. Untuk melakukannya, saya akan melakukan X, Y, dan Z.”

Langkah 3: Tentukan Strategi Pemasaran

Setelah Anda menentukan tujuan bisnis Anda, apa yang akan Anda lakukan untuk mencapainya? Personalisasi menjadi semakin penting dalam pemasaran digital. Oleh karena itu, ketika menentukan strategi untuk melaksanakan rencana Anda, ingatlah faktor-faktor ini:

Segmentasi audiens target Anda: Ketahui siapa yang ingin Anda tuju, apa selera, kebutuhan, atau preferensi mereka, di mana Anda ingin memenuhi harapan mereka, dll. Inilah saatnya untuk menciptakan persona pembeli Anda.

Pemosisian: Untuk mencapai pemosisian yang tepat, penting bagi Anda untuk sangat jelas (dan menjangkau audiens Anda dengan cara yang sama) tentang apa proposisi nilai Anda dan apa yang terkandung di dalamnya.

Penting juga untuk mengetahui cara mengirimkan proposisi ini dengan sempurna melalui saluran digital. Mengapa konsumen harus memilih Anda dan bukan pesaing?

Cari tahu saluran di mana audiens Anda hadir (media sosial, blog, email, dll.). Selain media sosial, gunakan halaman “Tentang Kami” untuk mengomunikasikan proposisi Anda.

Strategi konten: Ini penting untuk membuat, mendistribusikan, dan mengelola konten asli yang menarik pengguna dan memposisikan merek sebagai referensi di benak pengguna.

Selain itu, Anda juga harus memetakan rencana komunikasi tertentu (pemasaran konten) untuk setiap saluran. Strategi konten tidak dapat dipisahkan dari Persona Pembeli; mereka berhubungan erat.

Analisis BP Anda dengan cermat: jenis konten apa yang mereka konsumsi, dalam format apa, apa ukuran referensi mereka atau orang dan kelompok yang mereka ikuti.

Semakin banyak informasi yang Anda ekstrak dari profil mereka, semakin dekat Anda untuk menghasilkan jenis konten yang tepat.

Sehubungan dengan strategi konten, beberapa alat yang digunakan untuk menjalankan strategi ini adalah:

Riset kata kunci: Ini melibatkan identifikasi kata kunci yang tepat untuk kami gunakan dengan benar dalam konten kami untuk meningkatkan posisi SEO kami secara organik. Ini sangat penting untuk setiap strategi konten jika Anda ingin pengguna menemukan Anda di mesin pencari.

Kalender konten: Kalender konten adalah kunci untuk memastikan strategi Anda masuk akal. Ini memberikan nilai dan memungkinkan Anda berpikir jangka panjang dan mengoptimalkan sumber daya Anda, membantu menciptakan ide, dan banyak lagi. Dalam kalender konten, Anda harus menyertakan tanggal publikasi, penulis, topik posting, kata kunci, tag yang akan digunakan/dipertimbangkan, dan sebagainya.

Posting sosial: Menulis artikel dan tidak mempromosikannya di media sosial adalah sebuah kesalahan. Memposting di media sosial bukanlah spam, melainkan merencanakan apa yang akan Anda publikasikan dan kapan di setiap platform media sosial dengan salinan yang paling cocok untuk masing-masing, sambil memiliki jumlah karakter, tautan, tagar, dan banyak lagi yang ideal . Penting untuk menyertakan tim itu sendiri dalam penyebaran konten, dan kami dapat menyarankan kepada karyawan agar mereka membagikan artikel, tautan menarik, dll. di situs profesional mereka (LinkedIn). Halaman perusahaan bahkan dapat mengirim pemberitahuan kepada karyawan ketika konten baru diterbitkan.

Kurang lebih inilah langkah-langkah awal dalam melakukan perecanaan digital marketing. Anda bisa mendapatkan banyak informasi yang bisa mendukung kampanye digital marketing anda.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *