Cara Merawat Laptop Gaming Asus

Laptop gaming pada dasarnya adalah laptop yang didesain khusus untuk memainkan game-game terbaru. Biasanya fokus utama dari desain ini adalah kecepatan rendering gambar untuk menghasilkan pengalaman bermain game yang terbaik.

Industri game saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari konsol game, PC, dan laptop hingga masuk ke perangkat seluler. Game yang sering kita jumpai adalah FIFA, PES, Dota 2 dan masih banyak lagi. Beberapa game/game ini hanya bisa dimainkan di laptop. Oleh karena itu, banyak produsen laptop yang saat ini memproduksi laptop gaming.

Bagi Anda para gamers yang memiliki laptop gaming tentunya bisa memainkan berbagai jenis game di konsol dan PC. Tentunya Anda juga perlu melakukan perawatan secara rutin agar laptop yang Anda gunakan untuk bermain game selalu ada. Memiliki laptop gaming yang tahan lama akan mengurangi pengeluaran karena komponen yang rusak dan dapat bermain dengan nyaman. Disini admin akan membagikan cara merawat laptop gaming agar awet

5 langkah merawat laptop gaming:

Gunakan kipas pendingin eksternal

Overheating laptop yang terlalu panas akan mempengaruhi hardware dan komponen dari laptop itu sendiri. Istilahnya laptop saat terkena overheating adalah overheating dan komponen yang paling terpengaruh adalah CPU dan kartu grafis. Bahkan, laptop ini dilengkapi dengan kipas pendingin internal yang memadai. Tapi, itu akan selalu menjadi ide yang baik untuk menggunakan kipas pendingin eksternal agar laptop Anda tetap berjalan.

Gunakan mouse/keyboard eksternal

Bermain dengan mouse/keyboard eksternal dapat mengurangi kerusakan pada keyboard laptop gaming Anda yang beberapa di antaranya rawan rusak. Karena ada beberapa game yang membutuhkan pengetikan cepat dan relatif sulit di keyboard.

Kontrol waktu bermain

Walaupun kebanyakan laptop gaming memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, namun Anda perlu menjaga durasi waktu bermain game Anda agar komponen yang ada di dalam laptop, terutama baterai, dapat beristirahat. Karena spesifikasi dan kualitas tertinggi dari sebuah laptop gaming bila digunakan secara berlebihan akan memperpendek umur laptop tersebut.

Bersihkan komponen secara teratur

Bersihkan keyboard, layar, dan laptop secara menyeluruh dari debu dengan kain setengah basah agar partikel yang menempel tidak berkembang menjadi jamur. Mengganti pasta CPU dan membersihkan kipas laptop secara teratur akan meningkatkan usia dari laptop gaming Anda.

Gunakan daya listrik yang stabil

Input daya listrik yang stabil menggunakan pengisi daya bawaan asli menjaga komponen listrik di dalam laptop tetap berfungsi dengan baik. Sebab, jika aliran listrik yang masuk tidak stabil, mesin akan menjadi overheat dan terkadang padam. Ada banyak orang yang mengalami kerusakan laptop, karena menggunakan daya listrik yang tidak stabil ini.

Kesimpulan

Langkah-langkah di atas merupakan langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan saat merawat laptop gaming. Jika sobat disini ada tambahan khusus mengenai perawatan laptop gaming, bisa menambahkannya di kolom komentar.

Tapi kalau sampai laptop gaming anda rusak, maka sebaiknya anda segera mencari jasa service laptop gaming yang memang bisa memperbaiki laptop dengan spesifikasi tinggi seperti ini. Menggunakan jasa service laptop sembarangan bisa membuat kerusakan laptop gaming anda menjadi semakin parah.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *