Seberapa Mahal Penggunaan Solar Cell Untuk Kebutuhan Rumah

Listrik adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk aktivitas kita saat ini. Oleh karena itu ada banyak hal yang dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan kebutuhan energi listrik ini.

Bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan relatif sangat mudah untuk mendapatkan listrik. Namun untuk mereka yang tinggal di kawasan perkampungan apalagi pedalaman; relatif lebih sulit untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik ini.

Oleh karena itu ada banyak solusi yang biasanya ditempuh untuk mendapatkan kebutuhan listrik di tempat-tempat yang terpencil seperti ini. Ada yang menggunakan genset untuk bisa mengaliri listrik karena mereka.

Ada juga yang menggunakan sistem turbin untuk bisa mendapatkan listrik. Namun genset biasanya akan memberikan masalah tersendiri bagi penggunanya. Bagi mereka yang tinggal di perkampungan atau pedalaman biasanya akan cukup sulit untuk bisa selalu mendapatkan bahan bakar yang bisa digunakan untuk menyalakan genset ini.

Mereka harus menempuh jarak yang cukup jauh hanya untuk bisa mengisi genset dengan bensin ataupun solar. Tentunya ini bukan solusi yang terbaik bagi anda yang tinggal di perkampungan ataupun kedalaman.

Belum lagi jika genset anda bermasalah dan harus di reparasi. Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan suku cadang perbaikan genset anda. Oleh karena itu semakin banyak orang yang melirik penggunaan solar cell atau panel tenaga surya untuk penggunaan di perkampungan ataupun kedalaman.

Solar cell ini memang mahal di pembelian awal. Namun semakin lama anda menggunakannya akan semakin murah. Misalnya untuk mendapatkan listrik 2000 watt anda kemungkinan harus mengeluarkan biaya.

Dan biasanya jika dibandingkan dengan penggunaan listrik PLN pengeluaran anda itu baru akan kembali setelah penggunaan tiga hingga empat tahun.

Namun pada dasarnya solar sel mempunyai usia pemakaian sekitar 25 tahun. Jadi setelah masa balik dari modal yang anda keluarkan anda bisa menikmati sekitar 20 tahun listrik gratis. Ini adalah solusi yang tergolong paling memudahkan bagi anda yang tinggal di daerah perkampungan ataupun pedalaman.

Teleponnya mungkin penggunaan listrik tenaga surya ini akan jadi lebih murah dibandingkan penggunaan listrik PLN karena harga dari panel surya semakin murah dari tahun ke tahun.

Sedangkan listrik PLN sendiri kemungkinan biaya produksinya akan semakin mahal karena menggunakan bahan bakar fosil. Jadi market dari penggunaan pembangkit listrik tenaga surya ini semakin lama akan semakin luas dan masyarakat.

Tentunya jika semakin banyak orang yang melirik penggunaan panel tenaga surya ini maka PLN sendiri akan lebih mudah untuk menjangkau orang-orang yang saat ini belum mendapatkan pemenuhan kebutuhan listrik. Ketersediaan daya dari pembangkit listrik PLN akan melimpah sehingga akan banyak sambungan sambungan baru yang bisa dilakukan.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *