Kenapa pupuk organik sangat laku saat ini?

Dulu kita mengenal pupuk organik dalam bentuk pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Namun bukan hal yang mudah untuk menghasilkan pupuk kandang ataupun pupuk kompos yang bisa memenuhi kebutuhan jutaan hektar lahan pertanian.

Oleh karena itu banyak petani yang beralih menggunakan pupuk kimia. Namun ternyata pupuk kimia mempunyai efek negatif di mana lahan pertanian menjadi rusak dan tidak bisa mengikat air. Sebagai akibatnya saat ini banyak sekali lahan pertaniannya mengalami penurunan produktivitas hasil pertanian.

Jadi ini seperti buah simalakama bagi petani. Jika mereka tidak menggunakan pupuk kimia maka kebutuhan unsur hara tanaman tidak akan terpenuhi. Namun jika mereka menggunakan pupuk kimia maka anak akan rusak sehingga hasil produksi pertanian akan semakin berkurang. Salah satu solusi yang sangat diminati saat ini adalah penggunaan pupuk organik tentu saja yang dimaksud dengan pupuk organik di sini bukanlah pupuk kandang atau pupuk kompos yang terbatas produksinya.

Pupuk organik yang dimaksud disini adalah pupuk hasil penelitian bioteknologi modern yang mengembangkan lingkungan bakteri positif untuk tanaman pertanian. Bakteri inilah yang akan menghasilkan unsur hara yang diperlukan oleh tanah dan juga tanaman. Di dalam pupuk organik juga diperlengkapi dengan unsur hara seperti npk.

Namun tentunya unsur hara ini tidaklah sebanyak yang terkandung di dalam pupuk kimia. Bakteri di dalam pupuk organik inilah yang akan melakukan pembusukan segala sesuatu yang organik di permukaan tanah untuk menghasilkan unsur-unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Jadi semakin lama tanaman akan semakin subur dan juga akan semakin menghasilkan lebih banyak buah ataupun hasil panen.

Keuntungan dari penggunaan pupuk organik ini adalah bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia sehingga tinggal 20% saja. Jadi para petani bisa mencukupi kebutuhan pupuk mereka tanpa harus mengalami kelangkaan pupuk kimia. Ini adalah keuntungan ganda bagi petani karena pengeluaran mereka untuk pupuk kimia berkurang drastis namun penghasilan mereka dari hasil penjualan panen akan meningkat dengan signifikan.

Jadi inilah yang membuat pupuk organik ini menjadi semakin diminati belakangan ini. Adapun pupuk organik yang paling populer saat ini adalah Eco Farming. Eco Farming ini adalah hasil penelitian bioteknologi selama 17 tahun dan sudah diujicoba di banyak sekali lahan pertanian.

Hasil uji coba ini menunjukkan bahwa produk Eco Farming memang bisa menghasilkan peningkatan hasil pertanian yang signifikan. Jadi di banyak daerah ada banyak orang yang berminat untuk menjalankan bisnis Eco Farming ini.

Mereka mendaftar bisnis Eco Farming supaya mereka bisa mendapatkan harga distributor yang lebih murah. Dan setelah panen mereka berhasil mereka menawarkan kepada sesama rekan petani untuk menggunakan pupuk ini. Jadi mereka akan mendapatkan keuntungan. Inilah peluang bisnis pupuk organik Eco Farming yang menarik banyak minat petani saat ini.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *