Tipe Jembatan Timbang Truk Yang Tepat

Jembatan timbang adalah platform yang digunakan untuk menentukan berat truk, trailer, bus, dan kendaraan besar lainnya. Mereka cocok untuk menimbang kendaraan dalam perjalanan karena mengangkut barang masuk dan keluar dari pusat produksi atau distribusi.

Untuk meningkatkan akurasi dalam pengukuran, Anda tidak dapat memiliki satu ukuran yang cocok untuk semua sistem jembatan timbang. Dengan berbagai keadaan, anggaran, dan industri, Anda perlu menemukan jembatan timbang yang paling cocok untuk aplikasi spesifik Anda. Jembatan timbang yang digunakan saat ini dapat diklasifikasikan menurut mode operasinya, jenis konstruksi, tujuan, dan banyak lagi. Artikel ini membahas lebih dekat tiga jenis jembatan timbang utama yang digunakan di Australia seperti yang tercantum di bawah ini

  • Jembatan Timbang di Atas Tanah
  • Jembatan Timbang Dalam Tanah dan Lubang
  • Jembatan Timbang Portabel

Jembatan Timbang di Atas Tanah

Jembatan timbang di atas tanah adalah yang paling mudah digunakan dan paling terjangkau. Ini karena mereka tidak memerlukan penggalian atau pekerjaan sipil besar dalam pendiriannya. Mereka biasanya terbuat dari rangka baja, yang memberikan kekakuan dan kekuatan yang diperlukan untuk mendukung kendaraan berat. Apalagi, perawatan jembatan timbang jenis ini mudah karena semua komponennya berada di atas tanah.

Namun, jembatan timbang di atas tanah membutuhkan lebih banyak ruang daripada jembatan timbang lainnya. Sistem ini memerlukan penggabungan jalan landai yang panjangnya setidaknya 3 hingga 5 meter sehingga truk dapat naik dan turun dari jembatan timbang dengan aman. Mereka juga membutuhkan kelonggaran yang cukup di sisi jembatan timbang untuk keselamatan truk dan operator darat.

Jembatan Timbang Dalam Tanah dan Lubang

Jembatan timbang di dalam tanah memiliki beberapa aplikasi. Mereka semua dibangun ke dalam tanah dan termasuk desain seperti Pit, Semi-pit, flush dan jembatan timbang di dalam tanah antara lain. Banyak jembatan timbang di dalam tanah dirancang untuk diletakkan pada tingkat yang sama dengan tanah di sekitar platform, sementara yang lain dibangun di bawah permukaan.

Jembatan timbang di dalam tanah adalah yang terbaik untuk lokasi dengan ruang terbatas karena tidak memerlukan landai. Berbaring rata dengan tanah di sekitar platform menghilangkan kebutuhan akan landai. Selain itu, truk bebas mendekati platform dari segala arah.

Konstruksi jembatan timbang di dalam tanah memerlukan berbagai tingkat penggalian dan pekerjaan sipil tergantung pada kedalaman lubang dan komposisi batuan dasar. Dianjurkan untuk menggunakan solusi ini di situs yang memiliki keterbatasan ruang serta tingkat penggalian yang terjangkau.

Jembatan Timbang Portabel

Jembatan timbang portabel digunakan dalam kasus khusus di mana mungkin lebih mudah untuk memindahkan jembatan timbang daripada kendaraan yang akan ditimbang. Ini biasa terjadi di daerah terpencil atau proyek dengan banyak lokasi pemuatan seperti di industri penebangan dan pertambangan. Jembatan timbang portabel dapat dipasang atau dipasang pada truk atau trailer yang lebih besar.

Dengan jembatan timbang portabel, Anda dapat menimbang seluruh armada truk di lokasi distribusi atau produksi Anda. Jika Anda memiliki armada besar, Anda dapat menghemat bahan bakar dalam jumlah yang signifikan dengan menimbang truk Anda di lokasi daripada mengemudi ke jembatan timbang. Selain itu, jembatan timbang portabel mudah dirawat karena dapat dibawa langsung ke pusat layanan yang relevan.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *