Mau Beli Laptop Gaming? Harus Cek Apa Saja?

Tidak sulit untuk membedakan laptop gaming dari notebook standar lainnya. Hal itu dikarenakan desain agresif, sasis besar, dan mungkin keyboard menyala yang berwarna-warni.

Tidak diragukan lagi desain adalah aspek penting, tetapi pada akhirnya apa yang ada di dalamlah yang penting dalam laptop gaming. Jadi bagaimana Anda memilih satu dan apa yang Anda cari?

Prosesor (CPU)

Prosesor adalah otak dari sebuah laptop, jadi ini adalah komponen penting untuk dipertimbangkan saat membeli laptop. Prosesor adalah teknologi yang menjalankan semua game dan aplikasi. Untuk memainkan game modern, yang sangat menuntut perangkat keras, Anda benar-benar membutuhkan prosesor kinerja.

Salah satu cara untuk mencari prosesor kelas atas adalah dengan melihat kecepatan clock (GHz – gigahertz). Semakin tinggi kecepatan inti, semakin tinggi kinerja prosesor. Intel Core i5 atau Core i7 dengan kecepatan tinggi akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Sebaiknya cari kecepatan inti, antar prosesor dari seri yang sama dari merek tertentu. Saat game menjadi lebih maju, ketergantungan mereka pada inti meningkat. Laptop dengan prosesor quad-core akan menjadi performa terbaik.

Metode serupa harus digunakan saat melihat jumlah inti pada prosesor, seperti yang kami lakukan dengan kecepatan inti. Prosesor Intel cenderung sebagian besar direkomendasikan untuk laptop gaming, dan itulah yang mungkin Anda temukan dalam banyak kasus.

Cari laptop, menjalankan setidaknya generasi baru, prosesor Core i5. Seri prosesor Core i7 membawa lebih banyak teknologi terbaru. Prosesor generasi terbaru dirancang untuk memberikan kinerja yang lebih baik, sekaligus lebih efisien.

Kartu grafis (GPU)

Ini adalah komponen paling penting di laptop gaming mana pun. Kartu grafis bertanggung jawab atas pemrosesan dan rendering game di layar. Tugas ini terlalu berat untuk ditangani oleh prosesor, sehingga diperlukan kartu grafis khusus, jika Anda ingin menikmati permainan di laptop Anda.

Tanpa kartu grafis yang bagus, Anda tidak akan bisa menjalankan game dengan resolusi atau kualitas terbaiknya. Bahkan jika Anda mendapatkan kualitasnya, Anda akan melihat gim ini tersendat. Dalam hal kinerja game, frame rate akan terlalu rendah. Beberapa game bahkan tidak akan berjalan, jika spesifikasi kartu grafis Anda tidak memenuhi persyaratan minimum game tersebut.

NVIDIA dan AMD adalah dua nama besar dalam solusi grafis. Ada banyak pilihan untuk dipilih, tergantung pada kebutuhan game Anda. Ingat, solusi terintegrasi Intel hanya akan memungkinkan Anda memainkan judul yang sangat mendasar, jadi carilah stiker NVIDIA GeForce atau AMD Radeon besar di laptop yang Anda cari.

RAM

Ukuran game jauh lebih besar dari sebelumnya. Aturan umum untuk game adalah kapasitas RAM yang lebih tinggi lebih baik. Saat Anda ingin membeli laptop gaming, idealnya pilihlah laptop dengan RAM 8GB atau lebih. Dalam kebanyakan kasus, RAM 8GB sudah cukup, meskipun 16GB akan direkomendasikan, jika Anda mencari laptop dengan spesifikasi lebih tinggi.

Beberapa laptop memungkinkan Anda meningkatkan jumlah RAM, sehingga Anda mungkin dapat menambah jumlah RAM di lain waktu. Ketahuilah kebijakan garansi dari pabrikan sebelum Anda melakukannya.

Penyimpanan

Satu game dapat menghabiskan lebih dari 50GB ruang penyimpanan di laptop Anda, jadi disarankan untuk membeli laptop dengan penyimpanan minimal 1TB. Seharusnya cukup untuk menyimpan semua game Anda. Saat membeli laptop, Anda juga dapat mempertimbangkan SSD (Solid State Drive) daripada hard drive.

Mereka tidak memiliki bagian yang bergerak seperti hard drive konvensional, sehingga lebih cepat, lebih ringan, dan lebih hemat daya. Manfaatnya termasuk waktu pemuatan yang lebih cepat dan kecepatan transfer yang lebih cepat. Mereka menambah pengalaman bermain game yang bebas lag. Jika SSD sedikit terlalu mahal, tanyakan apakah hard drive pada laptop berjalan pada kecepatan 7.200 RPM. Sementara sebagian besar driver beroperasi pada sekitar 5200 – 5400rpm, drive 7200rpm akan memberikan kecepatan transfer yang lebih baik.

=================

Untuk Info Teknologi Terkini Kunjungi: Bersama Tekno Com

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *