Mengenal Sekilas Tentang Flange Dalam Sistem Pipa

Flange adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua sistem perpipaan, menghubungkan pipa dengan peralatan, bahkan menghubungkan pipa dengan katup atau perangkat lainnya.

Pertanyaannya, jika hanya untuk menyambung kenapa tidak dilas saja? Pertanyaan bagus, jika kedua pipa dilas, sambungannya akan sangat kencang dan kuat. Namun, tujuan utama dari penggunaan flens ini adalah dapat dilepas nanti, sehingga pipa dengan pipa, atau pipa dengan peralatannya, dapat dilepas nanti.

Pertanyaan kedua, mengapa tidak menggunakan koneksi berulir saja? Pertanyaan bagus juga, jika Anda menggunakan utas, itu akan sangat rentan terhadap kebocoran. Selain itu, ASME B16.5 didefinisikan untuk dimensi dan toleransinya.

Jenis flange

Flange terdiri dari beberapa jenis. Pembagian yang paling umum adalah jenis tipe flange dari ratingnya, saya membahas rating flange dalam pengetahuan. Ada peringkat 150#, 300#, hingga 2500#.

Jika dilihat dari ukuran pipanya, flange 1″, 2″, 4″ terdiri dari ukuran pipa yang ada di pasaran. Flange juga bisa dibedakan dari cara pemasangannya, kita bicara tentang threaded flange, slip on atau sambungan pangkuan. Sebuah flange, yang saya bahas disini adalah jenis flange

Jika pipa terdiri dari berbagai jenis bahan seperti stainless steel, besi cor, aluminium, kuningan, perunggu, plastik, dll. Sama dengan flange, tetapi pada umumnya flange terbuat dari baja karbon dengan permukaan mesin. Umumnya, jenis material flange akan sama dengan material pipa.

Permukaan Flange

Poin penting dari flange adalah menghubungkan atau membuat sambungan agar tidak bocor. Sehingga nantinya permukaan flange akan bertemu dengan permukaan flange lainnya. Semakin tinggi peringkatnya, semakin berbeda wajah flangenya. Saya berbicara secara singkat di sini tentang tipe flange berbasis wajah. Jika tekanannya tidak terlalu tinggi, kita bisa menggunakan permukaan datar, sedangkan untuk tekanan tinggi, kita bisa menggunakan flange wajah yang ditinggikan. Artinya, permukaannya lebih tinggi dari permukaan flange normal.

Yang paling tinggi, kami menggunakan sambungan tipe ring. Tidak seperti flange lainnya, flange tipe RTJ ini selain memiliki flange yang terangkat, juga memiliki grove (sebutan orang barat istilah jawanya coakan) yang nantinya akan diisi dengan ring. Cincin ini berfungsi sebagai segel. Sangat ketat, mengapa? Karena ring yang berfungsi sebagai gasket terbuat dari besi lunak yang bila dikencangkan akan mengisi rongga grove flange.

flange memiliki permukaan kekasaran tertentu (atau kekasaran) yang memiliki bentuk bulat. Tujuannya, untuk menempatkan segel di dalamnya. Oleh karena itu, jika ada sedikit goresan pada flange yang keluar, dapat menyebabkan kebocoran. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengerjaan ulang flens muka, istilahnya refaced. Oleh karena itu, jika kita melihat pembelian flange, permukaan (muka) selalu tertutup, tujuannya agar tidak tergores atau tergores. Meskipun flange terpasang (dengan peralatan misalnya), permukaan flange (muka) biasanya tidak dilepas sampai dipasang.

Ada banyak distributor pipa yang jual flange pipa dengan varian yang lengkap. Anda bisa mengunjungi website distributor kelengkapan pipa seperti Andalas Mitra Global untuk melihat varian flange yang ditawarkan.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *