Sekilas Tentang Desain Grafis & Kegunaannya

Desain grafis adalah karya di mana para desainer membuat konten visual untuk mengkomunikasikan pesan.

Dengan menerapkan hierarki visual dan teknik tata letak halaman, desainer menggunakan tipografi dan gambar untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna dan fokus pada logika menampilkan elemen dalam desain interaktif, untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna.

Desain grafis adalah seni yang sudah sangat lama, berasal dari hieroglif Mesir hingga lukisan gua berusia setidaknya 17.000 tahun. Ini adalah istilah yang berasal dari industri cetak tahun 1920-an. Ini terus mencakup berbagai kegiatan termasuk pembuatan logo.

Desain grafis dalam pengertian ini menyangkut daya tarik estetika dan pemasaran. Desainer grafis menarik audiens menggunakan gambar, warna, dan tipografi. Namun, desainer grafis yang berfokus dalam desain pengalaman pengguna (UX) harus mengutamakan pilihan gaya mengenai lokasi gambar dan font dengan pendekatan yang berpusat pada daya tangkap manusia.

Itu berarti Anda perlu fokus dan berusaha untuk berempati dengan pengguna spesifikĀ  saat Anda membuat desain yang menarik yang memaksimalkan kegunaan. Estetika harus memiliki tujuanā€”dalam desain UX kami tidak menciptakan seni untuk seni.

Jadi, desainer grafis harus bercabang menjadi desain visual. Saat mendesain untuk UX, Anda harus:

  • Pertimbangkan arsitektur informasi desain interaktif Anda, untuk memastikan aksesibilitas bagi pengguna.
  • Manfaatkan keterampilan desain grafis untuk menciptakan pekerjaan yang mempertimbangkan seluruh pengalaman pengguna, termasuk kemampuan pemrosesan visual pengguna.

Misalnya, jika aplikasi seluler yang menyenangkan tidak dapat menawarkan kepada pengguna apa yang mereka butuhkan dalam beberapa klik jempol, perancangnya akan gagal menggabungkan desain grafis dengan pengalaman pengguna. Cakupan desain grafis di UX mencakup pembuatan desain cantik yang menurut pengguna sangat menyenangkan, bermakna, dan bermanfaat.

Jika anda berminat untuk belajar banyak mengenai desain grafis, anda bisa mengunjungi banyak website, yang saat ini menyediakan aneka info tentang desain grafis. Saat ini dunia desain grafis sudah sangat berkembang sehingga ada banyak teknik dan juga alat yang perlu anda ketahui.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *