Kalangan Industri Tidak Boleh Menggunakan BBM Subsidi

Dalam pembangunan sebuah negara tentu saja kita tidak bisa mengabaikan peranan penting dari industri. Hampir semua pendapatan yang diperoleh oleh negara bersumber dari aktivitas industri di negara tersebut.

Oleh karena itu pemerintah perlu memastikan ketersediaan faktor-faktor produksi yang diperlukan oleh semua cabang industri. Salah satu faktor produksi yang sangat penting adalah ketersediaan bahan bakar.

Jika bahan bakar tidak tersedia maka akan ada banyak sekali cabang-cabang industri yang tidak akan berfungsi. Tentu saja kita mengetahui bahwa belakangan ini harga BBM subsidi di masyarakat kembali naik.

Kenaikan ini disebabkan oleh karena pengurangan subsidi yang dilakukan oleh pemerintah. Jika pemerintah tidak mengurangi beban subsidi ini maka tentu saja itu akan menambah berat beban keuangan negara.

Oleh karena beban subsidi ini sudah dikurangi maka tentu saja masyarakat banyak yang mengeluhkan hal tersebut. Sebenarnya pengurangan beban subsidi ini dikarenakan oleh adanya peperangan antara rusia dan ukraina yang berkepanjangan.

Sehingga ada permainan stok dunia saat ini. Jadi masyarakat diharapkan bisa memahami kondisi saat ini. Namun sayangnya ada banyak orang yang masih saja memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan pribadi. Orang-orang ini menjual BBM subsidi kepada industri.

Anda bisa menemukan orang-orang yang menjual BBM subsidi kepada industri ini di berbagai marketplace. Tentunya ini adalah bentuk pelanggaran yang bisa mendapatkan sanksi. Oleh karena itu distribusi BBM subsidi seharusnya mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian dan semua pihak yang terlibat di dalamnya di audit secara rutin.

Para pelaku industri seharusnya mendapatkan BBM yang mereka perlukan dari agen-agen resmi BBM industri yang ditunjuk oleh pemerintah. Agen-agen resmi BBM industri ini yang bertanggung jawab untuk mengantarkan langsung BBM industri atau solar industri ke lokasi dari pihak pembeli.

Hal ini diperlukan untuk memungkinkan pengawasan yang menyeluruh atas peredaran bahan bakar di tanah air. Agen BBM industri atau solar industri ini adalah perusahaan-perusahaan yang sudah melewati proses perizinan dari Pertamina. Adapun BBM industri yang mereka pasarkan cukup beragam.

Namun pada dasarnya mereka lebih berfokus untuk memasarkan produk seperti solar, minyak tanah, industrial diesel oil, dexlite. Jenis-jenis bahan bakar inilah yang paling banyak dicari atau dibutuhkan industri saat ini. Adapun langganan tetap dari agen-agen distributor BBM pertamina ini antara lain pln, kepolisian dan TNI, pertambangan, dan masih banyak lagi industri-industri yang menggunakan mesin-mesin bertenaga besar.

Semua industri dan juga kemarin serta kepolisian dan TNI diwajibkan mendapatkan BBM mereka dari distributor yang ditunjuk oleh Pertamina. Jika hal ini tidak dilakukan maka tentu saja beban subsidi yang harus ditanggung oleh keuangan negara akan menjadi sangat besar.

Oleh karena itu pemerintah memindahkan beban pembiayaan bahan bakar industri ini ke pihak-pihak yang nanti akan membeli produk akhir dari industri tersebut. Tentunya ini akan lebih adil karena hanya pihak yang menggunakan produk dari industri tersebut yang akan melakukan pembayaran.

Jadi mari kita bersama-sama ikut berperan aktif dalam memantau pendistribusian BBM subsidi agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berhak menggunakan BBM subsidi ini.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *