Bingung Memilih Arsitek dan Kontraktor? Ikuti Tips Ini

Layanan arsitektur sangat penting untuk menyiapkan rencana bangunan. Bagi yang saat ini sedang berencana membangun rumah dan tidak memiliki waktu untuk mendesain rumah idamannya secara langsung, gunakanlah kontraktor yang memiliki jasa desain arsitektur atau interior.

Tidak semua kontraktor memiliki jasa desain, karena kontraktor utama adalah pelaksana pembangunan. Sedangkan perencanaan biasanya menjadi tanggung jawab arsitek. Meskipun tidak semua jasa kontraktor menawarkan jasa ini, bukan berarti tidak semua kontraktor akan memenuhi permintaan desain.

Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa tips memilih kontraktor full service yang dapat membantu Anda dalam mempersiapkan rencana arsitektur Anda. Mari kita lihat beberapa tips di bawah ini.

Cek reputasi kontraktor dengan jasa arsitek

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menyewa jasa kontraktor desain rumah adalah dengan terlebih dahulu mengecek reputasi kontraktor tersebut. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan perabot rumah tangga yang sesuai dengan keinginan Anda.

Umumnya kontraktor dan arsitek tidak memberikan gambar desain interior secara cuma-cuma. Sebelum memulai pekerjaan desain, Anda diharuskan membayar uang muka atau down payment (DP).

Oleh karena itu, Anda perlu mencari banyak informasi tentang kontraktor tersebut. Pastikan untuk melihat beberapa contoh desain arsitektur yang telah selesai. Untuk mengetahui apakah jasa arsitek sudah terpercaya, Anda bisa melihat atau mencari testimoni dari klien yang pernah menggunakan jasa arsitek pilihan Anda.

Lihat portofolio

Kontraktor berpengalaman harus memiliki beberapa portofolio atau daftar pekerjaan yang telah diselesaikan. Anda dapat melihat berapa banyak dompet yang ada. Jika jumlahnya banyak, maka interior yang dihasilkan pasti akan menyenangkan pengguna jasa. Anda secara tidak langsung dapat menentukan kualitas dan kuantitasnya.

Jasa arsitek profesional, baik secara mandiri maupun dengan kontraktor, akan memiliki kualitas gambar dan ketampanan yang tidak perlu diragukan lagi. Gambar yang dihasilkan harus halus dan terlihat seperti aslinya. Tidak ada distorsi dan gambar terlihat lebih alami dan hidup. Jika Anda suka dan setuju dengannya setelah melihat portofolionya, Anda bisa langsung menghubunginya.

Memiliki Reputasi Baik

Langkah selanjutnya adalah melihat dengan jelas brand dan alamat kontraktor. Jika mereka profesional, seharusnya sudah memiliki brand dan identitas sendiri, apakah itu arsitek mandiri atau kelas kontraktor yang sudah menjadi unit ekonomi. Pastikan pilihan Anda benar-benar memenuhi kedua persyaratan tersebut.
lihat pribadi

Anda tidak hanya bisa melihat karyanya, tetapi juga mengenal kepribadian arsiteknya. Anda dapat bertemu langsung dengannya untuk melihatnya. Apakah termasuk orang yang berpikiran terbuka, serius dan memiliki selera humor yang bagus? Pilih salah satu yang menurut Anda cocok dengan kepribadian Anda.

Ini penting bagi Anda karena Anda tidak hanya berkomunikasi dengan arsitek dalam waktu singkat, tetapi Anda bekerja bersama selama berbulan-bulan hingga bangunan selesai. Anda juga dapat menemukannya di media sosial untuk mengetahui kepribadiannya.

Pelajari tentang desain karakter

Seorang arsitek, apalagi yang sudah lama berkecimpung di dunia desain arsitektur, tentu memiliki ciri khas tersendiri. Jadi, pastikan Anda mengenal gaya desain yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin membangun sebuah bangunan dengan desain yang sederhana. Jangan gunakan desainer interior yang memiliki banyak gaya rumah klasik.

Memilih Jasa Arsitek

Terkadang saat kita berencana membangun rumah, kita memikirkan kebutuhan anak atau orang tua. Kami menginginkan rumah yang dapat dinikmati seluruh keluarga, bukan hanya karena nyaman, tetapi juga karena aman. Seperti yang kita ketahui, lingkungan yang baik mendukung perkembangan intelektual dan psikologis anak serta dapat menjaga kesehatan anggota keluarga lainnya.

Apa yang harus diperhatikan saat mendesain apartemen agar tetap mendukung aktivitas penghuninya? Mari kita lihat beberapa tips di bawah ini.

Jika Anda berencana membangun rumah, pertimbangkan jasa kontraktor bangunan rumah yang berpengalaman. Keunggulan menggunakan jasa kontraktor untuk membangun rumah adalah sistem pengerjaan yang lebih matang, sehingga proses perencanaan dan pembangunan dapat dilakukan dengan matang.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *