Begini Cara Aman Menggendong Bayi

Ternyata hal sederhana seperti menggendong bayi yang baru lahir pun bisa mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada bayi lho.

Menurut penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Notre Dame, Amerika Serikat, melakukan salah satu cara untuk memperkuat kapasitas perkembangan otak, yaitu dengan menumbuhkan pengetahuan ayah Anda.

Tapi bagaimana cara menggendong bayi yang baik? Menggendong bayi Anda adalah salah satu cara penting untuk membangun ikatan antara Anda dan bayi Anda, karena membantu mengembangkan kepercayaan, empati, kasih sayang, dan hati nurani bayi. Selain itu, kecerdasan dan keterampilan bayi berkembang terutama dalam kemampuan menerima dan memberikan cinta dan kebahagiaan. Bayi juga merasa aman secara emosional, percaya diri, dan mengembangkan rasa ingin tahu dan kemandirian di otak mereka.

Selain itu, bayi juga memiliki kesempatan untuk lebih sadar akan lingkungannya. Karena itulah pertumbuhan dan perkembangan bayi terutama kecerdasannya dapat mencapai lebih baik. Namun untuk mendapatkan manfaat yang terbaik, Bunda sebaiknya menggendong bayi dengan cara yang benar, karena bayi masih memiliki banyak keterbatasan fisik. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya menyesuaikan cara menggendong Si Kecil sesuai dengan usianya, seperti:

Sesuaikan Cara Menggendong Bayi dengan Usianya

  • Usia 0-3 bulan Karena pada usia ini tulang bayi belum kuat, cara paling aman untuk menggendongnya adalah dengan menggendongnya. Pastikan Bunda memiliki pegangan yang baik pada leher, kepala, punggung, dan samping bayi.
  • Usia 4 bulan Di usia ini, Bunda sudah bisa mulai menggendong Si Kecil dengan posisi duduk, sehingga kepala bayi terletak di dada Bunda dan menghadap ke depan. Anda bisa membawa keliling bayi anda dalam posisi ini untuk memperkenalkan lingkungan rumah kepada bayi anda.
  • Usia 5 bulan Biasanya pada usia 5 bulan bayi sudah dapat menopang kepalanya dengan baik. Oleh karena itu, Ibu dapat menggendong Anak di pinggang Ibu, melingkarkan kaki bayi di pinggang Ibu, dan Ibu menopang punggung/bokong bayi dengan satu tangan. Namun jika tampaknya bayi tidak dapat menopang kepalanya dengan baik, tunda dulu gendongan.
  • Usia 6 bulan Saat anak Anda dapat menopang kepalanya dengan baik, Anda dapat menggendong bayi Anda di punggung.
  • Usia 10 bulan Pada usia ini, Ibu sudah bisa meletakkan Anaknya di bahu Ibu dengan tangan Ibu menopang sisi kiri dan kanan tubuh anaknya.

Dengan cara menggendong yang benar, bayi akan merasa nyaman dan terhindar dari resiko cedera. Saat digendong juga lebih banyak menerima rangsangan dari lingkungan yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu para orang tua yang baru pertama kali mempunyai anak bayi, untuk bisa menggendong bayi mereka dengan baik dan benar. Masa-masa awal pertumbuhan bayi adalah sesuatu yang sangat sensitif dan memerlukan penanganan yang ekstra hati-hati.

Author Image
brajakelono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *